Seorang IT support memang dituntut serba bisa, bisa perbaiki komputer, bisa hack password, bisa edit html, bisa bersihin virus, bisa masang stop kontak listrik, bisa benarin keyboard rusak, bisa setting email, bisa benarin Fan komputer yang bunyi, bisa setting modem, bisa komplain kalo salah beli belanja online, bisa cari alternative harga yang murah, bisa bandingin harga spare part komputer, bisa setting finger scan, bisa install absen, bisa rakit komputer, mesti bisa benarin laptop dan pc rusak, bisa bikin website, bisa masang jaringan wifi, bisa setting PABX, bisa masang GenSet, bisa masang AC, bisa jamin tegangan listrik tidak naik turun, bisa setting browser, bisa setting scanner, bisa setting printer, bisa setting router dan switch, mesti bisa jamin jarigan komunikasi antar cabang slalu oke, bisa setting internet pake modem sama pake jaringan kantor, bisa masang drone, bisa setting smart tv, bisa masang MCB listrik, bisa edit video, paham game online, bisa edit gambar, bisa harus lebih pintar dari user soal IT, bisa set audio system, bisa instal program, bisa cari komponen komputer yang murah, bisa balikin data yang sudah hilang dihapus, intinya harus bilang bisa dan harus coba dulu sebelum bisa tidak.
Wow, banyak juga tugas IT support, tapi tunggu dulu, yang di atas ini adalah tugas dan kewajiban IT support versi penggunanya atau dilihat dari kacamata user.
Wow, banyak juga tugas IT support, tapi tunggu dulu, yang di atas ini adalah tugas dan kewajiban IT support versi penggunanya atau dilihat dari kacamata user.
Sebenaranya IT support itu sendiri punya tugas dan tanggung jawab pokok dan tidak sebanyak yang dijabarkan di atas, tugas utama IT support itu adalah seperti berikut ini:
- Memastikan komputer yang dipakai user bisa berjalan sebagaimana mestinya.
- Memastikan bahwa komputer yang dipakai terhubung ke jaringan dan bisa berkomunikasi semestinya
- Memastikan bahwa aplikasi yang digunakan user berjalan sebagaimana mestinya
- Memastikan bahwa data-data yang dimiliki oleh user yang didalam komputer tidak bisa dibaca dan diambil oleh orang tanpa ijin.
- Memperbaiki komputer user yang rusak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
- Melakukan update secara berkala baik system operasi maupun system aplikasi yang dipakai oleh user
- Melakukan backup data
- Mengembalikan atau merestore data dari backup system jika terjadi masalah
- Memastikan system pendukung seperti printer, scanner berjalan sesuai yang diinginkan
- Instal dan konfigur anti virus
- Scan dan bersihin virus
- Buat dokumentasi teknis
- Mengecek dan memperbaiki jaringan komputer yang bermasalah
- Pasang UPS
- Mengatur pengaturan pada browser
- Paham prinsip kerja switch, router dan hub
- Bisa membuat kabel network atau kabel data
- Bisa membedakan kabel data yang berfungsi baik dan yang tidak
- Paham dasar-dasar jaringan komputer
- Menguasai dan mengerti aplikasi Office, seperti Word, Excel, Powerpoint dan email